Menjalankan usaha, setiap pengusaha harus melengkapi syarat legalitas perusahaan yang didirikan. Salah satu persyaratannya adalah mengurus Sertifikat Badan Usaha (SBU). Adanya SBU perusahaan sangat penting sekali bagi sebuah bisnis, terlebih jika ingin terlibat langsung dalam proyek tender besar milik pemerintah.
Proses pengurusan SBU sebuah Perusahaan tidaklah sesulit yang Anda pikirkan. Meski bisa mengurus sendiri, namun SBU yang diurus sendiri akan memakan waktu dan proses yang super panjang. Tentunya bagi perusahaan akan memakan banyak tenaga, waktu, dan biaya. Oleh karena itu, Anda tidak perlu susah payah mengurus SBU sendiri.
Anda bisa mempercayakan pengurusan Surat Badan Usaha atau SBU perusahaan ini kepada jasa pengurusan SBU terpercaya Saka Mitra Nusantara. Dengan demikian, Anda hanya cukup mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, tanpa harus membuang banyak waktu, tenaga, dan biaya yang bisa mengganggu proses produktivitas perusahaan Anda.
Syarat Pengurusan SBU Perusahaan
SBU yang sangat penting bagi perusahaan sebagai bukti dokumen sertifikat bahwa perusahaan konstruksi legal serta layak menjalankan bisnisnya. SBU ini kebanyakan diperuntukkan bagi perusahaan di bidang konstruksi dan diterbitkan oleh Badan Sertifikasi Terakreditasi atau LPJK kepada pihak perusahaan yang dinyatakan lulus dan memenuhi sertifikasi.
Dalam pengurusan SBU, perusahaan yang mengajukan izin harus mempersiapkan persyaratan pengurusan. Syarat ini akan diminta oleh Jasa pengurusan SBU untuk nantinya di proses sertifikasi lebih lanjut. Syarat yang dibutuhkan adalah :
- Akta pendirian juga Perubahan Terakhir beserta SK Menteri Kehakiman.
- Surat Keterangan Domisili Perusahaan tersebut menjalankan operasionalnya.
- Nomor Induk Wajib Pajak (NPWP).
- Surat Keterangan Terdaftar (SKT).
- Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP).
- Surat Izin Usaha perdagangan (SIUP).
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
- KTP juga NPWP dari pengurus Perusahaan.
- Pajak Tahun yang Terakhir.
- Neraca Akuntan Publik, jasa Kami bisa membantu pembuatan ini jika Anda memerlukan.
- Pas Photo dari penanggung jawab Perusahaan tersebut dengan ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.
- Daftar Riwayat Hidup beserta Ijazah Terakhir Penanggung Jawab Perusahaan.
- Bukti pembayaran PBB pada tahun terakhir.
- Fotokopi bukti kepemilikan kantor, disebut pula surat sewa, jika Anda menyewa atau sertifikasi hak milik jika kantor telah atas kepemilikan sendiri.

Fungsi Penting SBU Perusahaan
Kenapa Anda perlu memikirkan dan mengurus SBU pada perusahaan yang Anda bangun, karena SBU punya fungsi kegunaan yang sangat penting yakni :
- Melengkapi persyaratan hukum serta peraturan yang telah berlaku pada sektor Jasa konstruksi.
- Sebagai bukti dari badan usaha yang mempunyai kompetensi untuk melaksanakan kegiatan usaha seperti apa yang masuk klasifikasi serta kualitas bidang jasa konstruksi.
- Persyaratan utama memperoleh Izin Usaha Jasa Konstruksi Nasional atau IUJK Nasional, Izin Usaha Perwakilan Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing atau BUJKA, Izin Usaha Jasa Konstruksi penanaman Modal Asing atau IUJK PMA.
- Persyaratan menjalankan kerjasama atau Joint Operation dengan Badan Usaha Jasa Konstruksi Asing atau BUJKA juga Badan Usaha Jasa Konstruksi Nasional atau BUJK Nasional.
- Memenuhi Kriteria dalam Pendirian usaha patungan alias Joint Venture untuk Penanaman Modal Asing atau PMA untuk BUJK Nasional dan lain sebagainya.
Saking pentingnya SBU, perusahaan diharapkan segera membuat dan mengurus perizinan ini. Jika tidak segera mengurus akan sulit untuk berkembang. Kami Saka Mitra Nusantara memberikan pelayanan pengurusan agar fungsi penting SBU segera bisa Anda realisasikan.
Harga Jasa Pengurusan SBU Perusahaan
Berkaitan tentang perkiraan harga pengurusan SBU Perusahaan di tahun 2022 ini. Setiap tahunnya harga pengurusan SBU mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan. Jumlah kisaran biaya yang dikeluarkan tergantung pada kualifikasi, asosiasi pihak perusahaan, dan faktor tambahan lainnya.
Biasanya jumlah biaya keseluruhan pengurusan SBU telah masuk dalam hitungan dan berbagai rincian pengurusan SBU lainnya. Seperti, biaya untuk pembuatan blangko yang nanti dikali dengan banyaknya bidang dalam perusahaan tersebut. Namun penting Anda ketahui, bahwa harga bisa saja berbeda sesuai dengan kesulitan masing-masing yang dihadapi.
Tentunya Kami, Saka Mitra Nusantara siap melayani Anda dalam proses pengurusan SBU dengan harga yang bersahabat. Kami akan secara real time melakukan komunikasi kepada client, dengan demikian proses pembuatan izin SBU dapat segera diproses dengan baik.
Keunggulan Jasa SBU Perusahaan Saka Mitra Nusantara
Saking pentingnya SBU, maka Saka Mitra Nusantara sebagai perusahaan konsultasi bisnis serta perizinan memberikan keunggulan kepada pelanggan sebagai berikut :
- Berpengalaman di berbagai bidang perizinan
Kami siap melayani SBU perusahaan seperti apa yang Anda butuhkan. Tentunya Kami akan memberikan pelayanan terbaik dan akurat. Sehingga tidak merugikan waktu, tenaga, dan biaya dari perusahaan Anda.
Apalagi dari berbagai kondisi client yang telah Kami tangani, menjadikan Kami semakin profesional dalam menuntaskan masalah, meski kompleks sekalipun.
- Menjaga kerahasian perusahaan
Kami siap menjaga informasi dari client tanpa terkecuali. Sehingga data-data persyaratan SBU yang diberikan oleh Client akan aman dan tidak bocor kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.
Kami siap menerima konsekuensi ketika ada tanggung jawab lalai yang Kami dan tim lakukan. Jadi, Anda bisa memegang kendali aman pada perusahaan Anda.
- Pelayanan yang ramah
Pelayanan yang diberikan oleh jasa Kami kepada client sangat ramah, setiap konsultasi SBU yang dilakukan akan sebaik mungkin Kami tanggapi tanpa mengulur waktu. Sehingga segera ditemukan jalan keluar yang baik.
- Pelayanan yang tepat dan cepat
Kami juga bisa memberikan pelayanan yang tepat waktu dan terukur. Sehingga perusahaan bisa memenuhi kredibilitas dan legalitas dengan segera.
Kami siap melakukan proses pengurusan SBU Perusahaan dengan sigap dan saat terjadi kekurangan dokumen kelengkapan SBU, Kami akan melakukan konfirmasi langsung tanpa menunda-munda. Dengan demikian, Anda bisa langsung mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan dengan cepat.
- Menyesuaikan kebutuhan client
Kami memberikan pelayanan sesuai kebutuhan client dan Kami tidak membohongi dan merugikan client dari beberapa segi. Jadi, kebutuhan client akan SBU bisa terpenuhi.
- Bekerjasama dengan tenaga ahli dan handal
Kami bekerjasama dengan tim ahli pengurusan SBU perusahaan yang telah memiliki banyak pengalaman. Mereka menguasai bidang masing-masing dalam pengurusan Sertifikasi, sehingga bisa menjalankan pengurusan SBU dengan baik.
Tunggu apalagi silakan hubungi kami disini. Nikmati proses pelayanan terbaik dari Kami untuk pengurusan SBU Perusahaan Anda, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga, biaya, dan waktu ekstra dalam pengurusan SBU ini. Semoga bermanfaat.