Badan atau Bidang Usaha Jasa Konstruksi (BUJK) di Indonesia semakin beragam. Ditambah lagi dengan maraknya pembangunan infrastruktur nasional yang semakin digencarkan oleh pemerintah. Sebelum beroperasi, BUJK wajib mengurus sertifikasi izin usaha konstruksi.
Kenali Layanan Saka Mitra Nusantara – Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi
Sertifikasi Badan Usaha Jasa Konstruksi (SBUJK) adalah sertifikasi yang dikeluarkan oleh LPJK atau Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi untuk usaha yang telah memenuhi kualifikasi pada bidang jasa konstruksi. SBUJK dikeluarkan untuk dua keperluan yaitu perusahaan dan perseorangan.
Jasa konstruksi sendiri adalah layanan jasa yang menyediakan konsultasi perencanaan pekerjaan konstruksi, pelaksanaan konstruksi, hingga pengawasan. Jenis jasanya antara lain usaha pekerjaan konstruksi, usaha pekerjaan konstruksi terintegrasi, dan jasa konsultasi konstruksi.
Untuk dapat beroperasi dengan baik dan melayani pelanggan, usaha jasa konstruksi harus mendapatkan sertifikasi dari lembaga resmi. Terdapat sejumlah dokumen yang diperlukan untuk mengurus sertifikasi ini. Namun, sekarang Anda tidak perlu repot. Saka Mitra Nusantara telah menyediakan jasa sertifikasi ini.
Kami menyediakan layanan sertifikasi untuk bidang usaha jasa konstruksi. Dokumen yang Anda perlukan akan kami bantu pengurusannya dari awal hingga selesai. Agar prosesnya lebih mudah, kami pun akan menjelaskan setiap dokumen kepada Anda calon pelanggan kami. Untuk mendapatkan SBUJK, setidaknya kami akan mengurus beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti halnya.
- SKA atau Sertifikat Keahlian
Sertifikat keahlian adalah lisensi atau sertifikat yang diterbitkan oleh LSBU kepada tenaga ahli konstruksi yang telah memenuhi kualifikasi keilmuan atau keahlian tertentu sesuai bidangnya. Sertifikat ini menjadi bukti kompetensi tenaga konsultan atau kontraktor.
SKA menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan SBUJK. Akan lebih mudah saat mengurusnya bersama kami. Kami memiliki format terbaru untuk setiap jenis sertifikasi jasa konstruksi. Selain itu, kami juga sudah bekerja sama dengan lembaga terkait untuk menerbitkan SKA lebih cepat.
- Melengkapi KTA ASOSIASI – Keanggotaan Asosiasi
Setiap bidang usaha jasa konstruksi wajib memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) asosiasi. Dokumen ini sangat penting untuk mengajukan permohonan sertifikasi usaha. Dengan adanya kartu anggota berarti perusahaan Anda telah resmi terdaftar ke asosiasi konstruksi se Indonesia.
KTA Asosiasi memiliki masa berlaku yaitu setahun. Jika merupakan perusahaan besar, mengurus KTA setiap tahun bisa jadi akan kerepotan. Karenanya, serahkan pengurusan KTA kepada kami. Kami profesional dalam mengurus KTA dan siap memperpanjang masa berlaku setiap kali dibutuhkan.
- Mengurus SBU atau Sertifikat Badan Usaha
Dalam mengeluarkan sertifikat badan usaha konstruksi, LSBU akan meminta dokumen SBU. Mengurus SBU membutuhkan proses yang cukup lama. Perlu ada dokumen atau kualifikasi yang harus dipenuhi badan usaha Anda. Untuk lebih mudahnya, kami menghadirkan layanan ini dalam satu paket khusus.
Anda sekarang dimudahkan dalam pengurusan SBU dengan paket layanan kami. Mulai dari A hingga Z, kami siap mengurusnya untuk Anda. Jika perlu diperpanjang, kami pun bisa saja mengingatkan masa berlaku SBU Anda setelah 3 tahun diterbitkan.
5 Langkah Praktis Mengurus Sertifikasi Bidang Usaha Jasa Konstruksi bersama Saka Mitra Nusantara
Sebagai jasa sertifikasi badan usaha konstruksi, kami akan selalu memudahkan Anda, termasuk dalam proses pendaftaran dan pengurusan SBUJK. Terdapat 5 langkah mudah dan praktis untuk mendapatkan sertifikat melalui layanan kami.
- Pendaftaran
Saat ingin menggunakan jasa sertifikasi bidang usaha jasa konstruksi pada kami, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mendaftar. Langkahnya sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi kami pada nomor yang tertera. Informasi kontak admin selengkapnya dapat dilihat pada website.
- Pemenuhan persyaratan
Setelah mendaftar, tim kami akan mengarahkan Anda pada proses selanjutnya, yaitu pemenuhan persyaratan untuk sertifikasi. Ada 7 ceklist dokumen yang harus Anda lengkapi. Tentu tim kami akan membantu proses Anda dalam melengkapi dokumen tersebut.
Dokumen persyaratan yang dimaksud antara lain:
- Dokumen administrasi badan usaha seperti akta pendirian, NPWP, NIB, dan sebagainya.
- Dokumen tenaga ahli yang terkait dengan badan usaha Anda. Bagian ini membutuhkan pengumpulan KTP, NPWP, dan sertifikat keahlian konstruksi.
- Dokumen penjualan tahunan misalnya kontrak kerja, faktur pajak, dan berita acara serah terima.
- Dokumen kemampuan keuangan yaitu berupa laporan audit kantor akuntan publik (KAP).
- Dokumen peralatan perusahaan seperti lampiran alat konstruksi dan daftar kepemilikannya.
- Dokumen sistem manajemen mutu (SMM) yaitu sertifikat ISO.
- Dokumen sistem manajemen anti penyuapan berupa sertifikat ISO.
Setiap dokumen memiliki template tersendiri. Anda hanya tinggal melengkapi formulir dari kami saja.
- Verifikasi persyaratan
Setiap dokumen yang Anda kumpulkan kepada kami akan melalui proses verifikasi. Tujuannya untuk memastikan agar dokumen tersebut sesuai dengan ketentuan yang diminta. Jika semua dokumen sudah valid untuk proses selanjutnya akan lebih mudah.
- Keterdaftaran di PUPR
Setiap bidang usaha jasa konstruksi yang mengurus SBUJK akan terdaftar melalui kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR). Hal ini merupakan bagian dari peraturan bahwa sesuai pedoman, pemberian lisensi jasa konstruksi wajib dilakukannya registrasi pada PUPR.
Pengurusan pendaftaran ini sangat mudah melalui kami. Sebab, selama puluhan tahun kami telah berpengalaman dalam registrasi SBUJK ke PUPR. Jadi, tim kami sudah dikenal sebagai lembaga yang mengurus SBUJK sehingga prosesnya pun lebih cepat.
- SBU terbit
Jika sudah terdaftar di PUPR, biasanya butuh waktu untuk verifikasi ulang berkas-berkas dan persyaratan yang diperlukan. Setelahnya, SBU jasa konstruksi akan diterbitkan. Setiap informasi berlangsung cukup cepat. Kami pun senantiasa memberi kabar kepada Anda. Dalam arti lain, komunikasi dengan tim kami akan selalu terjalin dengan baik.
Dengan terbitnya sertifikat badan usaha jasa konstruksi, usaha Anda resmi beroperasi dan telah terdaftar secara legal dimata hukum. Prosesnya cukup mudah dengan bantuan jasa kami bukan?
Keuntungan Mengurus SBUJK Bersama Kami
- Lebih mudah dan cepat mendapatkan sertifikasi
Badan usaha yang sudah memiliki SBUJK akan dipandang sebagai jasa konstruksi legal dan terpercaya. Artinya, jasa konstruksi tersebut mampu menangani proyek skala kecil, menengah, dan besar secara profesional. Karenanya, mengurus SBUJK sangat penting.
Dengan menggunakan jasa kami, pengurusan SBUJK akan sangat mudah dan cepat. Kami telah berpengalaman menangani SBUJK dan sudah bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkait. Dengan begitu, prosesnya akan lebih cepat.
- Tim profesional
Dalam menjalankan jasa, kami berorientasi pada profesionalitas kerja. Bisa saja pengurusan sertifikasi ini akan membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga sebulan penuh. Tanpa adanya profesionalitas, SBUJK pasti akan terbengkalai.
Seluruh pelanggan kami telah membuktikan bahwa pengurusan SBUJK melalui kami mendapatkan hasil yang memuaskan. Kami terus memberi kabar progres sertifikasi sehingga badan usaha pun mendapat kepastian yang jelas.
- Pemesanan mudah
Untuk memesan jasa kami caranya sangat mudah. Saat Anda berkunjung ke website, Anda akan menemukan kontak admin. Hubungi admin secara langsung dan komunikasikan kebutuhan Anda.
Anti repot mengurus sertifikasi bidang usaha jasa konstruksi bersama Saka Mitra Nusantara. Hanya dalam 5 langkah praktis, SBUJK Anda siap diterbitkan. Dapatkan promo layanan jasa menarik dari kami dengan menghubungi admin sekarang juga!