Cara Pendaftaran SNI Terlengkap dan Mudah

Pendaftaran SNI

5/5 - (1 vote)

Ketika sedang menjalankan sebuah bisnis, peraturan-peraturan tentu akan Anda hadapi, seperti membuat SNI. Sekarang ini kemudahan bisa Anda dapatkan untuk cara pendaftaran SNI dengan melibatkan jasa perizinan yang terpercaya.

Ya, mendapatkan logo SNI merupakan cara yang penting dan akan menjadi salah satu jalan termudah bagi Anda untuk menembus pasar dengan mendaftarkan di LSPro-Pustan. Tidak heran, jika di dunia bisnis menerapkan berbagai peraturan agar Anda dapat menjalankan bisnis dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

Apa Itu SNI Dan Cara Pendaftaran SNI?

Standar Nasional Indonesia (SNI), merupakan suatu standar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk pelaku usaha. Tidak hanya itu, produksi yang dihasilkan oleh masyarakat Indonesia juga dapat didaftarkan untuk mendapatkan SNI.

SNI diberikan dalam bentuk stempel untuk setiap barang yang Anda daftarkan. Stempel tersebut diberikan untuk barang yang sudah sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah. Stempel tersebut sebagai tanda bukti terhadap kualitas dan kelayakan barang yang Anda miliki.

Penerapan SNI akan melindungi hak-hak dan kewajiban seorang pelaku bisnis yang telah melakukan produksi maupun pemasaran suatu barang, sehingga lebih mudah untuk menembus pasar. Untuk itu, sangat penting bagi Anda pelaku bisnis dalam menerapkan dan memenuhi kewajiban sebagai warga negara.

Tidak hanya untuk kepentingan pelaku bisnis, kelebihan lain adalah konsumen akan lebih percaya dan nyaman dalam menemukan produk yang mereka butuhkan. Hal ini akan menjadi nilai lebih bagi konsumen untuk memilih produk Anda.

Bagaimana Cara Pendaftaran SNI?

Sebagian dari Anda pasti berpikir merasa rumit jika harus mendaftarkan usaha untuk mendapatkan SNI, namun mendaftarkan SNI menjadi sebuah hal penting untuk Anda yang terjun di dalam dunia usaha. Bagaimana tidak, kepemilikan SNI pada produk dapat mempermudah bisnis Anda menembus pasar secara luas dan mampu memberikan value lebih pada konsumen.

Pendaftaran SNI ini sangat mudah Anda lakukan dengan memperhatikan persyaratan yang dibutuhkan. Anda bisa mendaftarkan di Kementerian Perindustrian melalui Lembaga Sertifikasi Produk Pusat Standarisasi (LSPro-Pustan). Untuk memenuhi persyaratannya, perhatikan cara berikut ini.

1. Isi Formulir Permohonan SPPT SNI

Langkah pertama yang harus Anda lakukan, adalah dengan mengisi formulir Sertifikat Produk Penggunaan Tanda (SPPT). Biasanya untuk pengisian formulir ini membutuhkan waktu selama 1 hari. Pada saat Anda mengisi formulir, Anda akan membutuhkan dokumen terlampir seperti fotokopi sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000 yang dilegalisasi. Anda bisa mendapatkan sertifikat ini melalui Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu (LSSM).

2. Verifikasi Permohonan

Setelah proses pengisian formulir dan menyiapkan dokumen, langkah selanjutnya adalah LSPro-Pustan akan melakukan verifikasi terhadap beberapa hal, yakni kemampuan memahami bahasa setempat dan jangkauan lokasi audit.

Biasanya proses ini akan memakan waktu selama 1 hari, dan setelah verifikasi tersebut sudah selesai. Maka Anda akan diberi invoice yang berisi rincian biaya yang harus dibayarkan.

3. Audit Sistem Manajemen Mutu Produsen

Dalam audit ini, akan dilakukan pengecekan terhadap kesesuaian penerapan sistem manajemen mutu pada bisnis yang Anda lakukan. Pemeriksaan tersebut meliputi kelengkapan dan kecukupan dokumen sistem manajemen mutu yang Anda miliki.

Pemeriksaan ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 5 hari. Jika dalam pemeriksaan tersebut telah ditemukan ketidaksesuaian dalam hal ini, maka pemanjangan koreksi harus dilakukan dalam waktu maksimal 2 bulan.

4. Pengujian Sampel Produk

Dalam melakukan proses ini, Tim LSPro-Pustan akan datang secara langsung ke tempat produksi Anda dan mengambil sampel untuk selanjutnya diuji. Jangan khawatir karena para petugas telah teruji ahli dalam bidang tersebut. Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar 20 hari.

Proses pengujian ini dilakukan di laboratorium penguji yang tentunya sudah terakreditasi. Jika dalam proses yang berlangsung ditemukan hasil yang kurang sesuai, maka Anda akan diminta untuk memperbaiki dan menguji sendiri produk tersebut sampai sesuai, kemudian akan di cek kembali oleh Tim LSPro-Pustan.

5. Penilaian Sampel Produk

Setelah dilakukan pengujian, laboratorium penguji akan menerbitkan Sertifikasi Hasil Uji. Apabila hasil pengujian sampel tidak memenuhi persyaratan SNI, maka akan diminta untuk melakukan pengujian ulang. Jika masih tidak sesuai, permohonan SPPT SNI akan ditolak.

6. Keputusan Sertifikasi

Setelah melaksanakan semua proses di atas, maka Tim akan merapatkan hasil audit dan pengujian yang telah dilakukan. Semua dokumen dan hasil uji akan disiapkan kemudian menjadi bahan rapat yang memakan waktu selama 7 hari, sedangkan pelaksanaan rapat akan berlangsung selama 1 hari. 

7. Pemberian SPPT-SNI

Tim LSPro-Pustan akan melakukan klarifikasi terhadap usaha Anda setelah rapat planel selesai. Proses selanjutnya adalah pemberian sertifikat yang didasarkan pada hasil evaluasi produk yang memenuhi beberapa persyaratan.

Keputusan tersebut meliputi kelengkapan administrasi, ketentuan SNI, dan proses produksi yang dapat menjamin konsistensi mutu produk. Proses pengurusan ini biasanya berlangsung selama 1 bulan, dan sertifikat akan diberikan kepada pelaku usaha yang berlaku selama 3 tahun kedepan.

Pendaftaran SNI Lebih Mudah Dengan Melibatkan PT Saka Mitra Nusantara

Dalam menjalankan suatu bisnis tertentu pastinya akan melibatkan Anda dengan sejumlah peraturan yang berlaku bukan? Penggunaan SNI akan menjamin hak dan kewajiban Anda sebagai produsen.

Tahapan cara pendaftaran yang sudah Anda ketahui diatas mungkin memerlukan waktu yang sedikit lama, apalagi jika Anda mempunyai kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan, pasti untuk meluangkan waktu mengurus SNI sangat sulit.

Maka dari itu kami, PT Saka Mitra  Nusantara bersedia membantu Anda dalam pengurusan pendaftaran SNI untuk produk yang saat ini Anda jalankan. Berikut ini beberapa keuntungan jika Anda menggunakan jasa kami.

1. Lembaga Konsultasi yang Tersertifikasi ISO 9001

Penting sekali bagi Anda untuk menggunakan jasa dalam mengurus SNI dengan memperhatikan sertifikasi ISO 9001. Hal tersebut mempengaruhi manajemen mutu yang berstandar dan bertaraf internasional.

Jika Anda menggunakan jasa kami untuk mengurus keperluan Anda, maka Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami mampu menilai kelayakan suatu sistem manajemen usaha Anda yang telah tersertifikasi.

2. Jangkauan Layanan yang bersifat Global

PT Saka Mitra Nusantara merupakan jawaban bagi kebutuhan Anda terhadap kredibilitas, kualitas, serta kecepatan layanan. Tidak hanya itu, untuk memenuhi kepuasan Anda, kami memberikan persembahan kepada Anda berupa jangkauan yang bersifat global.

3. Melayani Berbagai Jenis Usaha

Selain memberikan layanan berupa membantu Anda dalam mengurus pendaftaran SNI, kami juga melayani berbagai kegiatan seperti akta pendirian usaha, konsultasi ISO, konsultasi BPOM dan izin edar, konsultasi produk halal, perizinan migas, dan masih banyak lagi.

4. Layanan Terbaik dan Harga Terjangkau

Tidak perlu khawatir terhadap layanan yang kami berikan karena kepuasan Anda merupakan salah satu tujuan kami. Layanan terbaik akan kami berikan untuk mewujudkan usaha Anda dengan turut mematuhi peraturan pemerintah. Hanya dengan menyerahkan kepada kami, kebutuhan Anda akan beres. Bagi Anda yang bertanya-tanya mengenai harga yang kami tawarkan, jangan khawatir karena kami memberikan harga terbaik dan tentunya sangat terjangkau.

Share