ISO 26000merupakan upaya menggabungkan ketentuan yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan, agar sesuai dengan standardisasi tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan maksud dari tanggung jawab sosial berkaitan dengan salah satu faktor penting untuk mengukur kinerja organisasi.
Penerapan standar ISO ini diperuntukkan bagi perusahaan, organisasi, maupun yayasan non-pemerintah. Hal ini berlaku juga bagi seluruh sektor masyarakat. Simak ulasan di bawah ini, untuk informasi lebih lengkap mengenai panduan ISO ini.
Apa Itu ISO 26000?
ISO 26000termasuk panduan standar internasional dan dikembangkan guna membantu perusahaan menjalankan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan efektif dan relevan.
Pada standar ISO ini, perusahaan akan memperoleh berbagai tahapan. Mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, monitoring, sampai evaluasi program.
Panduan ini bisa dikoreksi menggunakan visi misi dari perusahaan dalam menjalankan operasional juga prosesnya dengan signifikan.
Bukan hanya itu saja, panduan ISO ini memiliki fungsi untuk menciptakan dan menjaga hubungan baik antara pemangku kepentingan, konsumen, karyawan, bahkan lingkungan.
Subjek Inti Panduan ISO 26000
Melihat pandangan yang berkaitan tentang tanggung jawab sosial yang baik, panduan ISO ini merumuskan 7 subjek inti yaitu:
- Tata Kelola Organisasi
ISO ini berperan membuat serta mengimplementasikan keputusan, dan menjalankan tanggung jawab akibat dampak keputusan serta kegiatannya. Lebih dari itu, panduan tersebut bisa menjadi titik awal pengintegrasian tanggung jawab sosial di organisasi.
- Hak Asasi Manusia
HAM adalah hak mendasar manusia, jadi sangat penting untuk dipenuhi oleh suatu organisasi. HAM terbagi menjadi hak sipil dan politik, hak ekonomi, sosial dan budaya.
- Praktek Tenaga Kerja
Organisasi bisa berkontribusi menerapkan kebijakan serta praktek kerja layak kepada pekerja, baik dari segi aspek pekerjaan, sosial, hingga ekonomi.
- Tanggung Jawab Kepada Lingkunga
Populasi serta konsumsi terus bertambah, hal ini juga membuat kegiatan dan dampak yang ditimbulkan oleh organisasi terhadap lingkungan terus meningkat. Maka, tanggung jawab menjaga lingkungan sangat penting.
- Praktek Operasional yang Adil
Hubungan organisasi yang beragam, mulai pemerintah, pesaing, hingga konsumen perlu dijaga secara baik. Dalam panduan ISO ini, masalah praktek operasi yang tercantum di dalamnya yaitu mulai dari persaingan tidak sehat hingga korupsi.
- Isu Konsumen
Tanggung jawab sosial berkaitan dengan isu konsumen, misalnya keamanan produk, konsumsi berkelanjutan, kemudahan akses produk dan layanan, dan sebagainya.
- Keterlibatan dan Pengembangan Komunitas
Kondisi ini cukup penting untuk semua organisasi, sehingga mereka harus berkontribusi untuk pengembangan masyarakat berkelanjutan. Kontribusi bisa berupa promosi budaya atau investasi sosial.

Manfaat ISO 26000
Mengikuti panduan ISO ini, organisasi atau perusahaan akan mendapatkan berbagai manfaat sebagai berikut:
- Keyakinan Pemangku Kepentingan
Standar dari ISO ini bisa membantu organisasi menunjukkan tanggung jawab sosial perusahaan. Jadi, organisasi atau perusahaan harus membuktikan komitmen kebijakan dengan tujuan menghilangkan keraguan pemangku kepentingan.
- Mengurangi Biaya
Menjalankan bisnis dengan keputusan yang tegas, akan mempermudah fasilitas untuk meningkatkan berkelanjutan saat menjalankan mitigasi risiko. Dengan demikian, sumber daya bisa dijalankan dengan efisien dan bisa mengurangi biaya.
- Keunggulan Kompetitif
Organisasi atau perusahaan bisa memakai prinsip standar ISO inisebagai benchmark kepada kompetitor dan mengembangkan target tanggung jawab sosial yang bisa diukur.
Demikianlah penjelasan tentang panduan standar ISO 26000. Bagi Anda yang membutuhkan bantuan konsultasi mengenai ISO tersebut, PT Saka Mitra Nusantara siap membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan organisasi atau perusahaan Anda, sehingga tanggung jawab sosial bisa dijalankan dengan baik.
Bukan hanya itu saja, kami juga siap membantu dalam meninjau berbagai informasi dengan memberikan data yang relevan. Contohnya, laporan yang berkelanjutan yang dihasilkan dengan mempertimbangkan keyakinan dari pemangku kepentingan. Tunggu apalagi? Silakan cek penawaran terbaik kami untuk bantuan dalam menjalankan panduan ISO 26000 di website PT Saka Mitra Nusantara. Semoga bermanfaat!