Daftar isi
Banyak yang sering bertanya tentang bagaimana cara daftar SBU? Perlu diketahui, Sertifikat Badan Usaha (SBU) merupakan suatu dokumen yang dapat menunjukkan kedalaman kompetensi suatu badan usaha.
Dokumen yang satu ini juga ditujukan untuk menetapkan kualifikasi dan klasifikasi badan usaha. Sertifikat ini diterbitkan oleh LPJK. Untuk mengetahui lebih dalam, ketahui penjelasannya berikut.
Cara Daftar SBU dengan Tepat dan Syarat yang Harus dipenuhi
Perusahaan yang baik dan kredibel tentu tidak akan mengabaikan kualitas kinerja perusahaannya. Cara ini bisa dibuktikan dengan kepemilikan Sertifikat Badan Usaha. Dengan SBU, suatu badan usaha dapat mengikuti tender besar maupun bekerja sama dengan proyek pemerintah. Tapi, bagaimana cara pembuatannya?
Dalam hal ini, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal penting. Berikut kami bagi ke dalam tiga tahapan yang perlu Anda perhatikan.
● Syarat Pembuatan SBU
Ketahui terlebih dahulu mengenai persyaratan dalam pengurusan SBU, diantaranya:
- Data perusahaan (Nama, Email, info kontak)
- Akta pendirian perusahaan
- Surat keterangan domisili yang sudah dilegalisir kelurahan setempat
- Surat keterangan Terdaftar Pajak (SKT) dan Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (SPPKP)
- Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
- Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
- Salinan NPWP dan KTP penanggung jawab perusahaan
- Salinan SPT tahunan
- Surat pajak 3 bulan ke belakang, berupa PPN sampai PPh
- Pasfoto penanggung jawab perusahaan 3×4 sebanyak 6 lembar (berwarna)
- Daftar riwayat hidup dan ijazah terakhir pemilik perusahaan
- Neraca akuntan publik
● Alur Pembuatan SBU
Setelah syarat-syarat di atas selesai disiapkan, di bawah ini disajikan tahapan cara membuat SBU. Berikut langkah-langkahnya.
- Membuat Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi
Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi (SKA) wajib dimiliki oleh tenaga ahli suatu badan usaha. Sertifikat ini menjadi hal pertama yang perlu disiapkan. SKA ini penting dimiliki sebagai bukti atas keahlian atau kompetensi yang dimiliki dalam perusahaan jasa konstruksi.
SKA juga nantinya akan dibutuhkan dalam penetapan PJT atau Penanggung Jawab Teknik dan PJK atau Penanggung Jawab Klasifikasi. Kedua hal ini dibutuhkan dalam proses registrasi pembuatan izin SBU jasa konstruksi.
- Mendaftar Keanggotaan Asosiasi
Selanjutnya Anda perlu mendaftarkan diri ke keanggotaan asosiasi badan usaha bidang konstruksi. Pastikan asosiasi tersebut sudah terakreditasi. Selain itu, pastikan pula asosiasi tersebut sudah memiliki izin operasi dan terdaftar dalam LPJK.
Berikut beberapa asosiasi jasa konstruksi yang ada di Indonesia.
- Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI)
- Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI)
- Persatuan Konsultan Indonesia (PERKINDO)
- Himpunan Perusahaan Konstruksi Indonesia (HIPSINDO)
● Pengajuan serta Penerbitan SBU
Jika kedua hal di atas sudah terpenuhi, maka Anda sudah bisa mendaftarkan perusahaan untuk mendapatkan SBU. Pendaftaran dilakukan secara daring dengan sistem OSS. Bagaimana langkah pengajuannya?
- Masuk ke halaman https://oss.go.id/.
- Buat akun OSS sesuai petunjuk, kemudian login.
- Ajukan pembuatan SBU dengan mengisi syarat yang dibutuhkan. Jika sudah lengkap, maka akan terbit NIB bersamaan dengan sertifikat yang belum terverifikasi.
- Sistem akan mengarahkan Anda ke portal perizinan PUPR untuk memproses SBU.
- Pilih Lembaga Sertifikasi Badan Usaha (LSBU) untuk membantu proses pengajuan SBU.
- Isi semua data dan penuhi dokumen-dokumen yang dibutuhkan, lalu unggah.
- Jika selesai terunggah, Anda sudah bisa memproses pengajuan Sertifikat Badan Usaha melalui sistem OSS.
- LPJK PUPR ajab memproses pencatatan dan penomoran SBU, kemudian SBU Anda sudah bisa terbit.
Jasa Pembuatan SBU yang Terpercaya Hanya Saka Mitra Nusantara
Pengurusan SBU membutuhkan waktu dan ketelitian. Namun akan lebih efisien jika Anda memanfaatkan jasa pembuatan SBU.
Tenang, Saka Mitra Nusantara menawarkan layanan pembuatan SBU ini, tentu dengan jaminan pelayanan yang cepat, berkualitas, dan kredibel. Untuk informasi lebih lengkapnya Anda bisa mengunjungi halaman utama website kami ini.
Lebih detailnya lagi, Anda juga dapat berkonsultasi bersama ahli kami terkait pengurusan perizinan bisnis ini dengan menghubungi kontak yang tertera. Cara daftar SBU pun akan semakin mudah dan aman jika melakukannya bersama Saka Mitra Nusantara.