Badan Sertifikasi di Indonesia Terpercaya

Badan Sertifikasi di Indonesia

5/5 - (2 votes)

Label SNIsering Anda temukan di beberapa produk yang beredar di masyarakat. SNI atau Standar Nasional Indonesia adalah sebuah standarisasi yang ditandai dengan label pada produk atau jasa. Untuk mendapatkannya, Anda harus mendaftarkan produk atau jasa pada badan sertifikasi di Indonesia.

Berdasarkan PP No. 34 Tahun 2018 tentang Sistem Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Nasional, SNI adalah standar yang telah ditetapkan oleh BSN atau Badan Standardisasi Nasional dan berlaku untuk wilayah Indonesia. Lebih jelasnya lagi, Anda bisa menyimak pada ulasan berikut!

Bagaimana Proses Mendapat Sertifikasi SNI dari Badan Sertifikasi di Indonesia?

SNI adalah sertifikasi yang dapat diterapkan oleh pelaku usaha, kementerian, lembaga pemerintah non kementerian, hingga pemerintah daerah.rosesnya bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan dapat diterapkan pada beberapa hal berikut :

  1. Barang yang diperjualbelikan atau dipasarkan di tengah masyarakat,
  2. Jasa yang disediakan untuk kebutuhan masyarakat,
  3. Proses atau sistem yang tengah dijalankan, dan
  4. Personal yang terlibat di dalam suatu kegiatan tertentu.

Bagi  Anda selaku pelaku usaha bisa melakukan sertifikasi SNI dengan mudah, Anda bisa bekerja sama dengan badan sertifikasi di Indonesia. Serta mempelajari bagaimana proses melakukan sertifikasi. Namun, sebelum jauh ke sana, ketahuilah terlebih dulu, bagaimana sih penerapan SNI?

Penerapan SNI pada dasarnya dapat dilakukan berdasarkan kebutuhan. Namun, ada pula SNI yang diberlakukan secara wajib, guna memenuhi persyaratan yang telah diberlakukan oleh menteri dan kepala lembaga pemerintahan.

Untuk penerapan SNI secara sukarela, pelaku usaha bisa langsung mengajukan sertifikasi pada Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Setelah mendapat sertifikat SNI, maka pelaku usaha wajib menambahkan tanda SNI dan tanda kesesuaian pada produk atau kemasan dalam bentuk label SNI. Penambahan tanda pada jasa, sistem, atau proses, dan personal akan diberikan pada papan pengenal, kop surat, atau media yang lain. Tanda tersebut pastinya sudah disetujui oleh BSN.

Lalu bagaimana dengan SNI wajib? SNI wajib akan diberlakukan berdasarkan beberapa pertimbangan. Berikut uraiannya :

  1. Keselamatan, kesehatan, keamanan, dan pelestarian fungsi dari lingkungan hidup,
  2. Daya saing produsen nasional dengan persaingan yang sehat,
  3. Kemampuan serta kesiapan dalam dunia usaha nasional,
  4. Kesiapan secara infrastruktur LPK,
  5. Budaya, adat istiadat, dan tradisi yang berdasarkan pada kearifan lokal, dan
  6. Kepentingan nasional yang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan – undangan yang telah berlaku.

Lalu, bagaimana proses yang harus Anda lalui untuk melakukan sertifikasi bersama dengan badan sertifikasi di Indonesia?

Untuk melakukan sertifikasi SNI, Anda hanya perlu memastikan jenis produk atau jasa yang akan Anda sertifikasikan. Selanjutnya, cek apakah produk atau jasa tersebut sudah terdapat standarnya berdasarkan SNI yang telah ditetapkan. Jika sudah, Anda bisa melengkapi persyaratan apa saja yang perlu disiapkan.

Terakhir, hubungi jasa yang menyediakan layanan perizinan untuk mendampingi proses sertifikasi tersebut. Dengan menggunakan layanan perizinan, maka Anda pasti akan lebih mudah mendapat sertifikasi SNI untuk produk maupun jasa dalam bisnis Anda.

Tapi ingat, Anda wajib menggunakan jasa dari penyedia layanan yang sudah terakreditasi. Agar Anda bisa mendapatkan banyak manfaat. Apa sajakah manfaat tersebut?

Manfaat Melakukan Sertifikasi SNI Bersama Badan Sertifikasi di Indonesia yang Sudah Terakreditasi

Sebelum membahas manfaat yang akan Anda dapatkan, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan badan sertifikasi terakreditasi? Badan sertfikasi terakreditasi, adalah organisasi yang sudah memiliki akreditasi dari badan akreditasi yang telah diakui.

Akreditasi diberikan atas kompetensi dari badan sertifikasi dalam melakukan audit dan mengeluarkan sertifikasi guna memastikan bahwa organisasi tersebut sudah memenuhi standar akan penyediaan layanan khusus. Adapun beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari badan sertifikasi terakreditasi tersebut!

  1. Badan sertifikasi dapat dijamin kemampuannya, karena akreditasi yang dimiliki menunjukkan penilaian independen akan kredibilitasnya dalam melakukan sertifikasi.
  2. Memberikan kepastian akan sertifikasi yang benar-benar tepat. Yang mana dilakukan berdasarkan pada kesesuaian praktik dan prosedur yang tengah berlaku.
  3. Nilai sertifikasi tidak akan dipengaruhi oleh kepentingan, jadi aman akan kredibilitas sertifikatnya.
  4. Dapat menjamin sertifikasi memenuhi syarat yang berlaku dan diperlukan secara berkelanjutan ke depannya nanti.
  5. Dapat dipastikan bahwa auditor yang dipilih memenuhi kualifikasi dan memberikan sertifikasi yang efektif serta objektif.
  6. Memberikan perlindungan tambahan akan aktivitas yang tidak tepat dan tidak sesuai.
  7. Menerapkan standar dan praktik sertifikasi yang ketat dengan sanksi antara organisasi dan auditornya.
  8. Biasanya didukung oleh pemerintahan daerah.

Dengan berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas, Anda bisa meyakinkan diri untuk mendaftarkan sertifikasi bersama dengan badan sertifikasi di Indonesia. Tapi di mana Anda bisa mendapatkan layanan terbaik dan terjamin mutunya?

Lakukan Sertifikasi Bersama PTSaka Mitra Nusantara yang Sudah Terakreditasi Layanannya!

PT Saka Mitra Nusantara adalah lembaga yang menyediakan layanan konsultasi bisnis serta perizinan. Berbagai macam hal yang berhubungan dengan bisnis serta perizinan bisa kami bantu secara maksimal. Hasil yang memuaskan dijamin bisa Anda dapatkan dengan mudah dan cepat.

Kami merupakan lembaga yang sudah terakreditasi dalam memberikan layanan pada setiap klien. Bukan hanya layanan perizinan saja yang dapat Anda percaya kredibilitasnya. Tapi juga layanan konsultasi bisnis yang kami sediakan. Pengalaman yang panjang telah kami tempuh dalam memenuhi kepuasan klien.

Kepuasan klien adalah prioritas yang tak akan kami abaikan. Maka dari itu Anda bisa percaya penuh pada penanganan kami. Adapun berbagai macam keunggulan kami yang bisa Anda simak pada ulasan berikut :

1.      Tim Terdiri dari Para Ahli

Tim konsultan maupun pengurusan perizinan sudah dibekali dengan pengalaman yang panjang dalam menyelesaikan masalah klien. Keahlian dari masing-masing orang dalam tim tidak perlu Anda khawatirkan lagi. Dijamin semua sudah memiliki keahlian yang mumpuni dalam masing-masing bidangnya.

Dengan keahlian yang dimiliki, setiap orang dalam tim mampu bekerja secara profesional. Tak hanya itu, dijamin semua sudah handal dalam menangani berbagai macam kasus. Ketelitian juga menjadi salah satu bekal dan keunggulan dari masing-masing orang dalam tim.

2.      Memberikan Layanan Lengkap

Kelengkapan layanan merupakan salah satu keunggulan dari badan sertifikasi kami. Anda tak perlu mendatangi banyak tempat untuk berbagai keperluan sertifikasi, terutama sertifikasi SNI. PT Saka Mitra Nusantara telah memiliki berbagai macam tim di berbagai bidang.

Kami mampu memberikan banyak layanan pada setiap klien yang datang. Kebutuhan yang beragam dari setiap klien akan kami bantu untuk selesaikan.

3.      Membandrol Tarif yang Terjangkau

Meski merupakan badan yang terakreditasi dan memiliki kredibilitas tinggi, kami tak pernah sekalipun membandrol tarif di angka yang tinggi. Kami selalu memberikan harga yang terjangkau pada setiap klien. Anda bisa dengan mudah mendapat layanan lengkap dengan mutu yang berkualitas tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Dengan uraian di atas, apa yang masih menjadi keraguan Anda untuk menggunakan layanan kami? Segera kunjungi laman website resmi PT. Sakamitra Nusantara, yang merupakan salah satu badan sertifikasi di Indonesia dengan akreditasi unggul. Dapatkan berbagai penawaran dan layanan yang Anda butuhkan!

Share