Aturan SNI Bikin Ribet Ini Solusinya

Aturan SNI Bikin Ribet? Ini Solusinya!

5/5 - (4 votes)

SNI adalah sebuah standarisasi yang dirancang oleh pemerintah untuk diterapkan pada berbagai hasil produksi baik berupa barang ataupun jasa. Jadi setiap pengusaha, kementerian, ataupun lembaga pemerintah harus memahami tentang aturan SNI serta penerapannya.

Perlu Anda ketahui bahwa penerapan Standar Nasional Indonesia atau SNI, bisa bersifat sukarela maupun wajib. Wajib atau tidaknya penerapan SNI ini tergantung pada barang atau jasa yang diproduksi oleh suatu perusahaan.

6 Aturan SNI dan Prosesnya yang Membuat Rumit

Solusinya Aturan SNI Bikin Ribet

Sekarang Anda tentu sudah tahu bahwa SNI adalah salah satu hal yang sangat penting keberadaannya dalam bisnis. Tetapi bagi Anda yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis dan sudah paham tentang SNI, tentu tahu betapa rumitnya aturan SNI ini.

Untuk bisa mendapatkan sertifikasi SNI ada banyak sekali tahapan yang harus Anda lewati. Berikut ini merupakan beberapa aturan Standar Nasional Indonesia yang cukup rumit dalam mengembangkan bisnis Anda.

  1. Mengisi Permohonan SPPT SNI

Aturan pertama yang menghabiskan banyak waktu dalam sertifikasi SNI adalah mengisi daftar isian permohonan SPPT SNI. Karena Anda harus memiliki fotokopi sertifikasi sistem manajemen mutu SNI 19-9001-2001 terlebih dahulu.

  1. Lakukan Verifikasi Permohonan

Setelah selesai mengisi daftar isian permohonan SPPT SNI, selanjutnya Anda harus melakukan verifikasi permohonan. Proses verifikasi ini setidaknya akan memakan waktu selama 1 hari kerja.

  1. Audit Sistem Manajemen Mutu

Tidak hanya melengkapi keperluan dokumen, untuk mendapat sertifikasi SNI Anda juga harus melalui proses audit sistem manajemen mutu produsen. Proses audit ini meliputi tinjauan dokumen dan kesesuaian serta keefektifan penerapan sistem manajemen mutu produsen.

  1. Uji Sampel Produk

Berikutnya tim sertifikasi SNI akan melakukan uji sampel produk terhadap benda atau jasa yang Anda produksi. Kegiatan uji sampel ini nantinya akan dilakukan di laboratorium penguji yang sudah terakreditasi.

  1. Penilaian Sampel

Setelah melalui proses uji sampel, produk Anda akan mendapatkan penilaian, yang digunakan sebagai dasar penilaian adalah sertifikasi hasil uji dari laboratorium sebelumnya. Jika produk Anda tidak memenuhi syarat SNI, maka harus dilakukan pengujian ulang.

  1. Hasil Keputusan Sertifikasi

Jika semua proses sudah selesai mulai dari verifikasi, audit, uji sampel, sampai penilaian produk, Anda tinggal menunggu keputusan sertifikasi. Untuk mendapatkan hasilnya, Anda harus menunggu selama kurang lebih 7 hari.

Cukup panjang bukan, jadi untuk mendapatkan SPPT SNI Anda harus menyiapkan banyak hal dan menghabiskan banyak waktu. Tapi hal ini tentu akan berbeda jika Anda menggunakan jasa lembaga konsultasi yang tepat seperti halnya Saka Mitra Nusantara.

Dapatkan SPPT SNI dengan Mudah Bersama Saka Mitra Nusantara

Saka Mitra Nusantara merupakan lembaga konsultasi yang tersertifikasi ISO 9001 dan memiliki sistem manajemen mutu terakreditasi. Tim kami sudah sangat berpengalaman membantu berbagai perusahaan mendapatkan perizinan bisnis.

Bersama Saka Mitra Nusantara, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai aturan SNI yang rumit dan membuat Anda bingung. Tim kami akan membantu Anda menyelesaikan semua proses mulai dari pendaftaran, verifikasi, audit, pengujian, hingga SPPT SNI muncul.

Dengan memiliki sertifikat SNI maka ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah produk Anda akan mengalami peningkatan daya saing dan bisa mendapatkan kepercayaan lebih dari masyarakat. Jadi jangan bingung lagi tentang aturan SNI yang rumit, segera hubungi Saka Mitra Nusantara untuk memudahkan Anda mendapatkan SPPT SNI. Anda bisa berkunjung langsung ke kantor kami secara langsung atau menghubungi tim kami melalui whatsapp dengan nomor 08118077076.

Share