Di dunia industri apapun itu, keberadaan suatu standar sangatlah penting. ISO 31000 merupakan salah satu standar yang menerangkan dan memaparkan mengenai standar manajemen risiko.
Tahukah Anda sepenting apakah manajemen risiko untuk organisasi modern di era ini? Maka dari itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini.
Tentang ISO 31000
ISO 31000 adalah pedoman, standar, atau langkah antisipatif untuk setiap perusahaan dalam meminimalisir segala jenis risiko. Baik itu risiko kecil, sedang, ataupun risiko besar sekalipun dapat berpotensi terjadi di suatu perusahaan.
Tidak hanya perusahaan besar, bagi bisnis atau organisasi pun sangat penting penerapan manajemen risiko ini. Apabila Anda memiliki suatu perusahaan atau bekerja di suatu perusahaan tertentu, sudah tentu Anda harus memahami standar ISO ini.
Standar ISO ini termasuk standar internasional yang telah diterbitkan pada tahun 2009. Di dalam ISO ini terdapat prinsip, kerangka kerja, dan proses manajemen risiko yang dapat digunakan perusahaan untuk meminimalisir terjadinya risiko. Umumnya, standar ISO ini menyediakan panduan generik yang ditujukan untuk memberi standar dalam suatu organisasi. Di bawah ini merupakan pemaparan lengkap mengenai prinsip ISO 31000 tentang manajemen risiko.
Prinsip ISO 31000
Ada beberapa prinsip yang terdapat pada ISO 31000 dalam penerapannya di industri. Berikut merupakan prinsip-prinsip dari standar ISO ini:
- Memberi nilai tambah bagi perusahaan atau organisasi. Prinsip ini menyampaikan kegiatan manajemen risiko harus bisa meningkatkan kapabilitas perusahaan/organisasi dalam menyerap risiko.
- Bagian penting dalam pengambilan keputusan. Hal ini mengingat bahwa setiap alternatif mempunyai peluang risiko meskipun risikonya kecil.
- Secara khusus dapat menangani ketidakpastian. Manajemen risiko dapat membantu untuk mengurangi segala faktor ketidakpastian dan tentunya dapat memberi parameter terhadap konsekuensi dari risiko.
- Bersifat sistematis, terstruktur, dan tepat waktu. Manajemen risiko harus dijalankan konsisten dan terintegrasi di seluruh perusahaan/organisasi.
Proses Manajemen Risiko
Proses manajemen risiko terbagi menjadi tiga bagian besar. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya:
- Penetapan konteks: bertujuan untuk identifikasi dan mengungkapkan sasaran organisasi, stakeholders yang berkepentingan, serta keberagaman kriteria risiko.
- Penilaian risiko: terdiri dari beberapa bagian seperti identifikasi risiko, analisis risiko, dan evaluasi risiko.
- Penanganan risiko: perusahaan perlu melakukan penanganan risiko seperti menghindari, mitigasi, transfer risiko kepada pihak ketiga, dan menerima risiko.
Daftarkan ISO 31000 untuk Industri Anda Bersama Kami
Itu dia pemaparan singkat mengenai standar ISO tentang manajemen risiko. Standar ISO ini telah diterapkan di seluruh dunia di banyak perusahaan dan organisasi. Sebab standar yang satu ini terbilang sangat penting dalam hal manajemen risiko bagi suatu perusahaan.
Keberadaan penerapan ISO ini tentunya dapat membantu perusahaan berjalan dan berkembang menjadi lebih baik lagi. Tidak hanya itu saja, tentu yang paling utama adalah perusahaan dapat meminimalisir kemungkinan segala risiko yang terjadi.
Kami, PT. Saka Mitra Nusantara, merupakan perusahaan konsultan bisnis dan perizinan yang telah tersertifikasi resmi dan terpercaya. Untuk Anda yang membutuhkan sertifikasi ISO 31000, tentu dapat berkonsultasi dengan kami.
Kami telah melayani banyak pelanggan dari berbagai bidang untuk mengurus perizinan dan sertifikasi. Tentunya, kami selalu melayani dengan sepenuh hati dan profesional. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tentang pelayanan yang akan kami berikan.
Untuk info lebih lanjut mengenai proses pengajuan, Anda dapat menghubungi kami melalui website resmi kami, atau bisa menghubungi kami melalui nomor kontak yang tertera di website.