Berapa Sih Kisaran Biaya Pengurusan SNI

Biaya Pengurusan SNI

5/5 - (1 vote)

Sejak tahun 2000 lalu, pemerintah sudah mengeluarkan aturan berupa PP No.102 Tahun 2000 tentang Standardisasi Nasional. Peraturan ini berisikan berbagai macam hal mengenai standarisasi yang harus dipenuhi oleh penyedia barang atau jasa. Jika Anda salah satunya, Anda harus tahu berapa biaya pengurusan SNI!

Sebelum jauh membahas mengenai biaya pengurusannya, apakah Anda sudah tahu apa yang dimaksudkan dengan SNI tersebut? Agar lebih jelas, kami telah menyiapkan ulasan lengkap mengenai apa sih SNI yang dimaksudkan. Lalu apa saja manfaat yang akan didapat setelah memenuhinya.

Apa Itu SNI dan Berapa Biaya Pengurusan SNI?

SNI yang memiliki kepanjangan Standar Nasional Indonesia, adalah sebuah standarisasi yang telah ditetapkan oleh BSN (Badan Standar Nasional). Standarisasi tersebut juga dirumuskan oleh para komite teknis pendukungnya. Adapun beberapa pihak yang terkait di dalamnya adalah :

  1. Lembaga Sertifikasi,
  2. Pemerintah,
  3. Akademis,
  4. Kalangan Industri, dan
  5. Ahli yang sudah kompeten dalam bidangnya.

Untuk mendapatkan label SNI pada produk atau jasa yang Anda sediakan, maka Anda harus mengikuti sertifikasi SNI. Adapun yang dimaksudkan sertifikasi SNI adalah proses penilaian atas kesesuaian produk atau sistem manajemen, atau kompetensi dari suatu perusahaan, atau personel berdasarkan persyaratan dalam SNI agar mendapat pengakuan.

Dalam proses tersebut, Anda akan dikenakan sejumlah biaya. Untuk kisaran biaya pengurusan SNI yang harus Anda keluarkan akan kami bahas pada ulasan selanjutnya. Sebelum itu. Anda harus tahu, apakah saja manfaat yang bisa didapatkan dari sertifikasi SN tersebut.

Manfaat Sertifikasi SNI

Agar Anda lebih yakin untuk melakukan sertifikasi SNI, maka Anda harus menyimak ulasan berikut. Kami telah menyiapkan beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah melakukan sertifikasi SNI. Untuk Anda sebagai pemilik usaha berikut ini manfaat yang dapat dirasakan. Simaklah ulasannya!

  1. Melindungi hak dan kewajiban Anda sebagai pelaku bisnis atas proses produksi dan pemasaran produk atau jasa.
  2. Mempermudah dilakukannya ekspansi pasar, karena kualitas dari produk sudah terjamin dan tidak diragukan lagi.
  3. Tidak akan diberhentikan peredarannya karena sudah memiliki label SNI dari hasil sertifikasi.

Bukan hanya bagi Anda selaku pemilik usaha, sertifikasi SNI juga akan memberikan manfaat bagi konsumen. Konsumen yang menggunakan produk atau jasa berstandar SNI sudah pasti bisa merasakan hal di bawah ini :

  1. Terjamin keamanan dan kenyamanan atas barang atau jasa yang digunakan.
  2. Mempermudah konsumen untuk memilih barang dan jasa yang memiliki kualitas terbaik.

Untuk mendapat manfaat di atas, Anda harus melakukan sertifikasi SNI dengan biaya pengurusan SNI. Untuk apa saja yang wajib berlabel SNI, terdapat sebanyak 285 buah elemen komersial yang banyak dikonsumsi masyarakat. Barang-barang tersebut termasuk produk pangan, bahan kimia, konstruksi bangunan, transportasi, listrik, pertanian, hingga barang rumah tangga.

Untuk produk pangan yang wajib SNI adalah berikut ini :

  1. Air mineral,
  2. Air demineral,
  3. Air mineral alami,
  4. Air minum dalam kemasan (AMDK),
  5. Air minum embun,
  6. Pemanis buatan,
  7. Biskuit,
  8. Garam konsumsi,
  9. Garam konsumsi beryodium,
  10. Gula kristal,
  11. Kopi instan,
  12. Coklat bubuk,
  13. Makarel kaleng,
  14. Sarden kaleng,
  15. Tuna kaleng,
  16. Minyak goreng sawit, dan
  17. Tepung terigu.

Semua produk pangan di atas, wajib Anda daftarkan SNI. Agar peredarannya bisa aman dan tidak mengalami pemberhentian. Serta bisa memberikan rasa percaya yang lebih pada konsumen. Bukan hanya itu, ketika produk Anda sudah berlabel SNI, maka jelas produk Anda akan jauh lebih banyak dikonsumsi serta tampak lebih profesional.

Untuk melakukan sertifikasi SNI, Anda tidak hanya harus membayar biaya pengurusan SNI, tapi juga wajib mengetahui tahapannya. Berikut adalah tahapan yang harus Anda lalui, simaklah!

  1. Memastikan jenis produk apa yang akan Anda sertifikasikan. Dalam sertifikasi produk, objek utamanya ada produk yang disediakan atau diproduksi.
  2. Cek apakah produk yang akan Anda daftarkan sudah terdapat standarnya? Atau sudahkah pihak SNI menetapkan? Jika belum, maka Anda tidak dapat melakukan sertifikasinya.
  3. Pastikan lembaga sertifikasi yang akan Anda gunakan sudah terakreditasi oleh KAN.
  4. Gunakan jasa dari pengurus sertifikasi profesional.

Dari tahapan di atas, Anda harus mengupayakan untuk menggunakan jasa pengurus sertifikasi profesional. Agar Anda bisa mengetahui detail persyaratan dan tahapan untuk melakukan sertifikasi SNI. Serta berapa sih kisaran biaya pengurusan SNI tersebut.

Gunakan Jasa PT. Sakamitra Nusantara dengan Biaya Pengurusan SNI Terjangkau!

Biaya pengurusan SNI memanglah tidak murah. Anda harus mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan sertifikasi dan mendapatkan label SNI. Biasanya biaya tersebut berkisar antara Rp10.000.000,00 hingga Rp40.000.000,00. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pendaftaran, asesmen, audit lapangan, sertifikasi, biaya tim teknis, hingga biaya proses, dan pengambilan contoh produk.

Agar Anda bisa mendapat pendampingan yang lengkap dalam sertifikasi SNI, Anda bisa menggunakan jasa kami di PT. Saka Mitra Nusantara. Kami merupakan penyedia layanan konsultasi profesional yang sudah berpengalaman. Dalam pengalaman kami, setiap klien sudah pasti merasa puas atas layanan yang telah kami berikan.

Kami merupakan jawaban pasti atas kebutuhan akan kualitas, kredibilitas, dan kecepatan layanan. Visi, misi, dan jangkauan kami bersifat global meski berpusat di Jakarta. Anda bisa menghubungi kontak kami untuk keperluan konsultasi bisnis maupun perizinan. Dijamin Anda akan sangat terbantu dan puas akan layanan kami.

Adapun beberapa keunggulan kami dibandingkan dengan penyedia layanan lainnya. Berikut ulasanya, agar Anda lebih yakin menggunakan jasa yang kami tawarkan!

1.      Menggunakan Tim Profesional

Setiap orang yang bekerja dalam tim kami adalah para profesional. Pengalaman dan sertifikat akan kemampuannya sudah tidak perlu diragukan. Anda bisa tenang menggunakan layanan kami, karena semua sudah memiliki pengalaman yang panjang dalam memuaskan klien.

2.      Memiliki Izin Usaha Resmi

Kami merupakan penyedia layanan yang memiliki izin operasi untuk usaha secara resmi. Anda tak perlu takut mengalami penipuan, karena kami bukanlah jasa yang abal-abal. PT Saka Mitra Nusantara adalah penyedia layanan yang sudah ahli dan mampu bekerja secara profesional bersama setiap klien.

3.      Membandrol Biaya yang Terjangkau

Jika Anda coba membandingkan layanan kami dengan yang lain, dijamin layanan kami memiliki harga yang jauh lebih terjangkau. Kami tak pernah membanderol harga terlampau tinggi. Setiap harga yang kami bandrol berdasarkan pada kemampuan klien dan juga jenis layanan yang dibutuhkan.

Dijamin Anda bisa berhemat dengan menggunakan jasa kami. Meski harganya lebih terjangkau, kami tidak mengurangi kualitas akan layanan. Kami selalu mengutamakan kepuasan klien di atas segalanya. Maka dari itu, pasti Anda bisa mendapat layanan dengan harga terjangkau namun kualitasnya unggul.

4.      Memberikan Layanan Lengkap

Terakhir, Anda bisa mendapat layanan yang lengkap dari PT Saka Mitra Nusantara. Segala macam layanan yang berhubungan dengan bisnis dan perizinan sudah kami sediakan selengkap-lengkapnya. Anda hanya perlu memilih saja mana yang Anda perlukan dan menyampaikan pada pihak kami.

Dengan keunggulan yang telah kami sampaikan, Anda tidak ragu lagi bukan untuk menggunakan layanan kami? Masalah sertifikasi SNI dan biaya pengurusan SNI, bisa Anda diskusikan langsung dengan kami. Anda bisa mendapat informasi lengkap beserta kontak kami di laman website PT Saka Mitra Nusantara.

Share