Jasa ISO Sistem Manajemen

5/5 - (6 votes)

Seiring berkembangnya dunia industri dan jasa, istilah ISO bukan hal yang asing lagi. Membaiknya perekonomian di Indonesia ditandai dengan kesadaran perusahaan atau organisasi akan pentingnya sebuah sistem manajemen yang berstandar internasional. Beragam layanan dan jasa ISO sistem manajemen juga semakin mudah diakses.

Tak heran jika kini banyak perusahaan baik kecil maupun besar sudah memiliki sertifikasi ISO. Mengingat ISO dapat menjadi pondasi yang kuat bagi suatu bisnis dalam menjalankan aktivitas perusahaannya secara lebih efektif dan efisien. Lantas apa itu jasa ISO sistem manajemen dan seberapa penting penerapannya? Simak ulasannya dalam artikel berikut.

Apa Itu Jasa ISO Sistem Manajemen ?

Jasa ISO untuk sistem manajemen adalah konsultan ISO yang membantu organisasi/perusahaan dalam menerapkan sistem manajemen yang diakui internasional melalui Lembaga Sertifikasi ISO Nasional. ISO sistem manajemen sendiri merupakan upaya suatu organisasi dalam mengelola bagian-bagian yang saling terkait dari bisnisnya untuk mencapai tujuan.

Tujuan tersebut mencakup sejumlah topik yang berbeda, diantaranya kualitas produk atau jasa, keamanan informasi, efisiensi operasional, kinerja lingkungan dan masih banyak lagi. ISO memegang peranan penting sebagai salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu perusahaan.

Saat memutuskan menggunakan jasa ISO, terkadang pihak pimpinan tidak mengetahui dengan pasti apa yang menjadi kebutuhan perusahaan. Bahkan tak jarang, permintaan sistem manajemen banyak yang digeneralisasikan. Namun setelah dilakukan analisis mendalam, ternyata yang diperlukan hanya sebuah standar prosedur kerja yang lebih terstruktur.

Oleh karenanya, peran jasa ISO sistem manajemen sangat diperlukan. Anda dapat melakukan konsultasi secara intensif tentang gejala-gejala yang dihadapi perusahaan. Selanjutnya, konsultan akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat sesuai dengan permasalahan setelah terlibat langsung di dalam perusahaan.

Memiliki sertifikasi ISO menjadi salah satu cara dalam mengukur kredibilitas perusahaan yang ingin meningkatkan sistem manajemen dan bersaing secara global. Perusahaan yang memiliki sertifikasi ISO mendapat kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar berkat jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Jasa ISO Sistem Manajemen Terbaik dan Terpercaya di Jakarta

Bagi Anda yang ingin menggunakan jasa ISO untuk sistem manajemen di area Jakarta dan sekitarnya, kami PT. Saka Mitra Nusantara siap melayani Anda. Kami menawarkan berbagai solusi menarik terkait pembuatan sertifikasi ISO sesuai kebutuhan perusahaan.

PT. Saka Mitra Nusantara merupakan konsultan bisnis dan perizinan dengan visi misi yang mengedepankan kualitas, kredibilitas, dan kecepatan layanan terbaik terhadap pelanggan. Berdiri sejak tahun 2020, PT. Saka Mitra Nusantara berkomitmen membangun kepercayaan pelanggan dengan terus memberikan layanan terbaik.

Sebagai lembaga yang terdepan di sertifikasi ISO dan training di Indonesia, kami menerapkan konsep One Stop Business Solution. Dimana kami memiliki visi dan misi sebagai mitra  strategis yang sanggup memberikan kredibilitas serta kepuasan bagi setiap konsumen. 

Percayakan pada kami untuk layanan ISO sistem manajemen terbaik. Konsultasikan kebutuhan Anda agar kami dapat merekomendasikan jenis ISO sistem manajemen yang tepat. 

Berkaitan dengan hal ini, Anda juga harus memahami jenis-jenis ISO sistem manajemen yang biasa diterapkan suatu perusahaan/organisasi.

Jenis-Jenis Sertifikasi ISO Pada Jasa ISO Sistem Manajemen

ISO sistem manajemen terdiri dari beragam jenis sesuai kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi pelaku bisnis. Baik itu untuk kebutuhan improvement, customer, tender dan lain sebagainya. Berikut adalah jenis-jenis sertifikasi ISO yang ditawarkan jasa ISO untuk sistem manajemen:

  1. ISO 9001 (Sistem Manajemen Mutu) 

Bisnis Anda perlu menunjukkan kemampuannya untuk konsisten menyediakan produk atau jasa yang memenuhi persyaratan sesuai undang-undang dan peraturan yang berlaku. Sertifikasi ISO 9001 bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menerapkan sistem yang efektif dan efisien.

Perusahaan juga harus menunjukkan proses perbaikan sistem dan jaminan kesesuaian dengan pelanggan. ISO 9001 memiliki persyaratan bersifat umum dan dapat diaplikasikan ke dalam organisasi mana pun terlepas dari jenis, produk dan layanan yang disediakannya.

  1. ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan)

ISO 14001 menetapkan kriteria tertentu dengan panduan untuk penggunaan yang berhubungan dengan sistem lingkungan. Standar ini berupa adanya kerangka kerja yang terstruktur dan dapat diikuti oleh perusahaan atau organisasi guna menciptakan sistem manajemen lingkungan yang efektif.

Terlepas dari aktivitas atau sektor perusahaan, standar ini menjamin pihak manajemen dan karyawan serta pemangku kepentingan eksternal perusahaan bahwa dampak lingkungan telah diukur dan ditingkatkan. Standar ini berfokus pada pendekatan khusus seperti audit, pelabelan, komunikasi dan analisis siklus hidup.

  1. ISO 22000 (Sistem Manajemen Keamanan Pangan)

Setiap produsen olahan pangan dalam bentuk apapun, memiliki tanggung jawab untuk mengelola keamanan produk dan kesejahteraan konsumennya. Itu sebabnya ISO 22000 hadir dalam menjamin sistem manajemen keamanan pangan.

Standar ISO ini membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengontrol resiko serta bahaya keamanan pangan. Berlaku untuk semua jenis produsen, ISO 22000 memberikan lapisan jaminan dalam rantai pasokan makanan global yang bermutu dan dapat dipercaya.

  1. ISO 45001 (Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja)

Sertifikasi ISO 450001 sangat tepat untuk organisasi yang memiliki prioritas keselamatan karyawan, minim resiko tempat kerja, serta mampu menciptakan kondisi kerja yang lebih baik dan aman. Berdasarkan data Organisasi Perburuhan Internasional, lebih dari 7.600 orang meninggal karena kecelakaan atau penyakit yang berhubungan dengan pekerjaan setiap harinya.

Oleh sebab itu, komite ISO ahli kesehatan dan keselamatan kerja mulai mengembangkan Standar Internasional dalam hal ini. Standar yang diciptakan berpotensi untuk menyelamatkan hampir tiga juta jiwa setiap tahun. Memiliki struktur yang mirip dengan sistem manajemen ISO lainnya, pendekatan ini cocok bagi pengguna standar ISO 14001 atau ISO 9001.

  1. ISO 37001 (Sistem Manajemen Anti Penyuapan)

ISO 37001 adalah standar yang diciptakan untuk sistem manajemen anti suap di perusahaan/organisasi. Seperti yang Anda tahu, transparansi dan kepercayaan adalah modal kredibilitas organisasi mana pun. Tidak ada yang merusak institusi atau bisnis yang adil lebih dari suap, itulah sebabnya ISO 37001 dibutuhkan.

ISO 37001 menjadi Standar Internasional yang memungkinkan semua jenis organisasi untuk mencegah, mendeteksi dan menangani upaya penyuapan. Caranya dengan menunjuk seseorang untuk mengadopsi kebijakan anti-penyuapan dan mengawasi pelatihan, penilaian risiko, uji tuntas pada proyek, rekan bisnis, prosedur pelaporan dan investigasi.

  1. ISO 27001 (Sistem Manajemen Keamanan Informasi)

Setiap perusahaan selayaknya mampu menciptakan sistem manajemen informasi yang aman dan terpercaya. Baik dalam lingkungan privasi dan aksesibilitas informasi di lembaga yang ditentukan oleh karyawan, pelanggan, mitra bisnis maupun dan pemegang saham.

Sistem keamanan informasi suatu organisasi/instansi perlu ditingkatkan dengan pembentukan sistem manajemen keamanan yang memanfaatkan teknologi. Ini adalah standar yang ditetapkan untuk pembentukan sistem manajemen keamanan informasi yang efektif dan efisien.

Itulah jenis-jenis ISO sistem manajemen yang perlu Anda ketahui sebelum menerapkannya. Pastikan Anda memilih jasa ISO sistem manajemen yang mampu menawarkan solusi tepat dan berorientasi kepada kebutuhan pelanggan. 

PT. Saka Mitra Nusantara sebagai konsultan ISO profesional siap melayani setiap kebutuhan Anda. Ditangani oleh tenaga ahli yang profesional, kami memiliki kompetensi yang lengkap dan berpengalaman untuk seluruh produk yang Anda butuhkan. Tunggu apalagi, hubungi kami sekarang juga!

Share